Jokowi Mengaku Heran dengan Tudingan Kriminalisasi Ulama

kriminilasi ulama

topmetro.news – Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi) mengaku keheranan dengan tudingan adanya kriminalisasi ulama. Sebab, dirinya selalu bertemu dengan para ulama, mengunjungi pondok pesantren (ponpes). Ditegaskan, oleh Jokowi bahwa dia sangat menghormati ulama.

“Masak isu begini (kriminalisasi ulama) masih berani keluar. Kita ini tiap hari ketemu ulama, ketemu kiai, tapi isunya seperti ini,” kata Jokowi dalam acara temu relawan Bravo-5 di Kawasan Ancol, Jakarta, Senin (10/12/2018) malam.

Jokowi menjelaskan, dirinya menggandeng Maruf Amin selaku ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai calon wakil presiden (cawapres). “Mengenai kriminalisasi ulama, bagaimana mungkin? Cawapres kita ulama yang sudah paling atas Kiai Maruf Amin,” jelasnya.

Jokowi lantas membandingkan terkait adanya gubernur yang tersandung persoalan hukum. Namun, lanjutnya, tak ada pihak yang menyebut kepala daerah itu dikriminalisasi. “Gubernur saja terkena masalah hukum ya, berhadapan dengan hukum,” ujarnya.

BACA JUGA: Intoleransi Semakin Parah, Sementara Indonesia Beragam

Masalah Hukum

Menurutnya, berbagai isu di luar nalar berbahaya jika diterima masyarakat secara tidak utuh. “Tanyakan siapa ulama yang dikriminalisasi? Kalau si ini, ya karena ada masalah hukum. Ini hal yang tidak logis. Rakyat yang dapat info nggak lengkap, percaya itu sebagai pembenaran,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, capres petahana tersebut menuturkan, sejumlah lawan politik terkesan sengaja dan menyiapkan beberapa isu negatif. Contoh lainnya yaitu keterkaitan Jokowi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI), termasuk pemerintah pro-asing (barat) dan aseng (Tiongkok).

“Isunya memang sudah disiapkan. Tapi kita juga siap-siap. Dengan adanya keterbukaan, dengan adanya media sosial yang sangat terbuka seperti sekarang ini, munculnya isu yang tiba-tiba bisa mempengaruhi pemilih,” kata Jokowi.

Ia berharap para relawan mengedepankan politik beradab. Kampanye positif seperti menyampaikan program capaian pemerintah perlu diutamakan. Jokowi meminta agar relawan mensosialisasikan hal tersebut kepada seluruh masyarakat luas.

sumber: beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment